RUANG PUBLIK VIRTUAL

 1. PENGERTIAN RUANG PUBLIK VIRTUAL


Pengertian: lingkungan digital di internet tempat orang dapat berinteraksi, berbagai informasi, dan membentuk komunitas, seperti media sosial, forum online, dan blog, yang berbeda dari ruang publik fisik seperti taman atau Plaza.


B. CIRI-CIRI RUANG PUBLIK VIRTUAL


Tanpa batas geografis 

berbasis internet gratis 

interaksi dan komunikasi digital 

wadah berbagai aktivitas publik 

bersifat bebas dan terbuka

3. JENIS-JENIS DAN CONTOH  

Media sosial: Instagram, twitter, facebook, linkedln, tiktok.

Forum diskusi online : reddit, quora, dan kasus.

Blog dan situs berita: kompas.com(situs berita), medium(platfrorm blog), dan blog pribadi.

Ruang publik virtual dalam game online: Minecraft dan roblox (dunia sandbox), fortnite (arena kompetitif) dan final fantasy XIV(RPG).

Metaverse dan dunia virtual 3D: decentraland, the sandbox, dan VR chat

4. MANFAAT RUANG PUBLIK VIRTUAL 

Akses informasi dan edukasi luas : pengguna dapat dengan mudah mencari berbagai dan mengakses berbagai informasi, berita, pengetahuan, serta sumber daya edukasi dari seluruh dunia.

Komunikasi dan kolaborasi: memudahkan komunikasi dan kolaborasi antar individu atau kelompok, baik melalui chat, forum, maupun platform lainnya tanpa Terhalang Jarak geografis.

Akses ke aktivisme dan gerakan sosial: memfasilitasi mobilitas dan koordinasi untuk berbagai gerakan sosial dan aktivisme, baik di tingkat lokal maupun global.

Ekspresi dan penyaluran opini: menjadi platform bebas untuk menyalurkan pendapat, mengkritisi isu-isu tertentu, dan berkontribusi pada diskusi publik yang lebih luas.

5. RESIKO DALAM RUANG VIRTUAL 

Penyebaran hoax dan disinformasi

Perundungan cyber ( cyber bullying )

Pelanggaran privasi dan pencurian data

Dampak negatif pada kesehatan mental

6. ETIKA DALAM RUANG PUBLIK VIRTUAL

Jaga kesopanan dan hormati orang lain

Hormati privasi orang lain

Berpikir sebelum mengirim atau membagikan konten

Jangan menyebarkan informasi palsu(hoaks)

Hindari cyber bullying

Hargai hak cipta dan karya orang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAY ONE MBG

MEDIA DIGITAL UNTUK PRODUKSI